Mendapatkan Sitelinks dari Google

Halo kawan, hari ini hari Senin, 4 april 2016, dimana hari ini ada hal yang membuat saya cukup bahagia karena Blog yang saya miliki ini mendapatkan Sitelinks dari Google.

Apa sih Sitelinks itu ?

Sitelinks adalah link-link artikel yang muncul dibawah nama domain sebuah blog atau situs di pencarian Google.

Sitelinks ini akan muncul secara otomatis jika sebuah blog atau situs telah memenuhi algoritma Sitelinks yang dimiliki oleh Google.

Menurut Google, Sitelinks dibuat sebagai jalan pintas yang akan menghemat waktu pengguna sehingga mereka secara cepat menemukan informasi yang dicarinya disuatu blog atau situs yang muncul dihasil penelusuran Google. 
ini adalah gambar ilustrasi sebuah Sitelinks
Sumber : https://support.google.com/webmasters/answer/47334
diatas merupakan ilustrasi gambar sebuah Sitelinks,
angka 1 adalah hasil pencarian utama
angka 2 adalah Sitelinks itu sendiri

oke, melanjutkan cerita saya tadi, seperti biasa 08:00 pagi saya sudah berada di kantor, sudah beberapa hari bahkan minggu saya tidak mengurusi blog ini dikarenakan saya galau hehe, yah karena beberapa minggu kebelakang saya mencoba mendaftarkan blog yang saya miliki ini ke Google Adsense dan hasilnya ditolak.

blog ini dibuat sekitar tahun 2014 pada waktu itu saya masih belum mengerti blog dan membuat blog hanya untuk iseng saja.

namun pada awal februari 2016 saya mulai kembali aktif mengurusi blog ini, dengan mengantongi teori-teori blog yang saya dapat dari internet maupun dari grup Blogger Indonesia di Facebook, saya mencoba mempraktikannya pada blog ini memulai dengan mensubmit blog ke Google Webmaster agar blog terindex dipencarian google, begitupun dengan artikel, setelah saya selesai membuat artikel, artikel itu langsung disubmit ke google webmaster.


pagi itu saya iseng berselancar di internet dan memasukan kata kunci blog saya yaitu "WayBerkah", dan ditampilkannya blog ini dan terdapat Sitelinks.

saya cukup kaget karena blog pengunjung dan trafiknya yang kurang dari 50 ini mendapatkan Sitelinks dari Google, dan hal ini juga yang membuat saya kembali termotivasi untuk mengembangkan blog ini lagi.

cara mendapatkan sitelinks dari google
Sitelinks WayBerkah.blogspot.com
Saya berfikir kenapa tidak postingan saya yang lama yang muncul di Sitelinks , nah yang saya sadari artikel yang muncul  adalah artikel-artikel yang pernah saya submit ke Google Webmaster sebelumnya, sepertinya Google Webmaster dapat membantu  kita mendapatkan sitelink dari google. 

Sitelinks juga cukup baik manfaatnya seperti meninggkatkan pengunjung dan trafik blog, dan blog akan terlihat lebih profesional.

ada beberapa Sitelinks yaitu yang dua kolom, empat kolom, enam kolom bahkan bisa lebih dari itu, nah Sitelinks yang saya dapatkan dari Google hanya 2 kolom.

Bagaimana mendapatkan Sitelinks ?

Saat ini tidak ada pengguna blog / situs yang tahu cara kerjanya, hanya google yang tahu bagaimana sitelinks diberikan kepada suatu blog atau situs algoritma yang digunakan untuk menghasilkan merupakan rahasia google.

Cara mendapatkan Sitelinks dengan Manual 

tapi, agar blog / situs kita mendapatkan Sitelinks bisa juga dengan cara manual yaitu melalui Google Webmaster. 

Pertama, masukkan kata kunci Google Webmaster pada pencarian Google, dan masuklah ke Google Webmaster Tools.


Kedua, masuklah dengan akun Google yang telah dimiliki sebelumnya, 


Ketiga,setelah masuk ke laman Google Webmaster, silahkan pilih blog yang ingin ditambahkan Sitelinks, sebagai contoh saya memilih blog yang saya miliki yang bernama MateriCAD.blogspot.com


Keempat, masuk ke bagian Tampilan penelusuran lalu pilih Tautsitus,


Kelima, isi kotak demosikan dengan url artikel yang ingin ditampilkan pada Sitelinks, untuk kotak yang berwana hitam dikosongkan saja.


Keenam, setelah selesai diisi dengan url tadi silahkan klik tombol demosikan, dan setelah itu akan muncul halaman seperti dibawah ini, itu artinya permintaan sudah dikirim ke Google untuk disetujui atau tidak.

Permintaan telah di kirim ke Google, tinggal menunggu disetujui atau tidak.

demikian, pembahasan kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca, semoga menjadi motivasi, jika ada yang masih belum paham dan ingin bertanya silahkan masuk melalui laman hubungi kami

terima kasih.

Comments

  1. Ternyata bisa juga dibuat secara manual di Google Webmaster ya gan. Blog lama saya dulu muncul sendiri secara alami. Apakah lebih bagus membuat secara manual atau dibiarkan muncul sendiri ya gan?. Btw, terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah lebih baik dibiarkan muncul sendiri, lebih mantap :) , karena itu bisa dikatakan bentuk hadiah dari Google untuk blog / situs kita

      tapi jika ingin lebih cepat lewat manual saja :)

      Delete
  2. mantab min. dan alhamdulillah sekarang blog pertama saya udah mendapatkan safelink dari google..

    ReplyDelete
  3. Wah boleh dicoba ni..
    Thanks infonya gan..

    ReplyDelete
  4. Ijin nyoba gan , semoga berhasil :)

    ReplyDelete
  5. itu memang bisa ya lewat manual ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut informasi dari Google Webmaster bisa gan,

      Delete
  6. Manual kayaknya cuman request doang gan :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, tapi dapat membantu juga, daripada tidak sama seklai :)

      Delete
  7. belum coba pake cara manual, boleh coba nih

    ReplyDelete
  8. makasih min infonya ijin nyoba :D

    ReplyDelete
  9. makasi gan.. setelah ane pikir2 ternyata ane ngeblog slama ini salah langkah, so berkat tutorial dari om blog saya http://ahmadnazziruddin.blogspot.co.id/ akhirnya bisa dpt sitelink

    ReplyDelete
  10. Kenapa punya ane setelah di submit ada pemberitahuan kalau akan efektif Juni 2016 ya padahal sejak Januari ane sumbitnya. Ada yang tahu kenapa?

    ReplyDelete
  11. kalo blog ane dapet sitelink dengan sendirinya sob, ga ane otak atik

    ReplyDelete
  12. ternyata bisa ya cara manualnya

    ReplyDelete
  13. WAH TUTORIALNYA SANGAT membantu sekali saya sudah nyari caranya namun gak ketemu juga, efektifkah cara ini gan untuk blog yang masih baru ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo diliat umur blog gak mempengaruhi sitelinks.

      Soalnya pernah baca juga di forum forum blogger, banyak sekali yang mendapat sitelinks padahal umur blog kurang dr setahun.

      Intinya sih kalo ingin dapat sitelinks dari google, bikin artikel original setelah itu maksimalkan google webmaster

      Seperti submit url.

      ini juga blog ane dibuat thn 2014, tapi baru aktif lagi bulan februari 2016, nah ane juga dapet sitelinks baru kemarin 😁

      Delete
  14. Kalo diliat umur blog gak mempengaruhi sitelinks.

    Soalnya pernah baca juga di forum forum blogger, banyak sekali yang mendapat sitelinks padahal umur blog kurang dr setahun.

    Intinya sih kalo ingin dapat sitelinks dari google, bikin artikel original setelah itu maksimalkan google webmaster

    Seperti submit url.

    ini juga blog ane dibuat thn 2014, tapi baru aktif lagi bulan februari 2016, nah ane juga dapet sitelinks baru kemarin 😁

    ReplyDelete
  15. Ouh lewat situ towh cara dapatnya

    ReplyDelete
  16. bukannya ini untuk menghapus sitelinks gan ?

    ReplyDelete
  17. Mantap mas panduannya, punya ane 3 minggu langsung muncul, thanks ya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara membuat Clear Chat di Clash of Clans

4 Cara Meningkatkan dan Menguatkan Ingatan atau Hafalan

Hari Buruh 2016 diperingati oleh Google Doodle Hari ini, yuk! kita mengenal lebih dalam Hari Buruh.